Posted on Leave a comment

Desa Wisata Tinalah (INFO TERLENGKAP)

(UPDATE) Desa Wisata Tinalah Kulonprogo Yogyakarta

Alamat Pengelola Tour & Pariwisata Desa Wisata Tinalah adalah :  Jl. Persandian Km. 5, Desa Purwoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Isu lewat SMS/WA/TELP. +6285200552054 BBM: 59D4CD01 (Mas Bams)

Bagi wisatawan yang berkeinginan camping dan berlibur di Dewi Tinalah cuma perlu membayar Rp35 ribu per orang untuk waktu 3 hari dua malam. Dengan harga hal yang demikian wisatawan telah mendapatkan fasilitas kemah, penerangan, dua buah pendopo. jumlah peserta camping lebih dari 100 orang biayanya malahan cuma Rp30 ribu (Update : August 2018).

Camping dan Berwisata Alam di Desa Wisata Tinalah

Sebagai tempat yang menghasilkan sektor tamasya sebagai andalannya, bermacam-macam potensi dan macam tamasya dioptimalkan di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Saat ini yang berkembang cukup kencang di Yogyakarta yakni desa tamasya.

Seluruh kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta ketika ini memiliki desa tamasya, dan jumlahanya malahan cukup banyak dengan potensinya masing-masing. Dan satu diantara banyaknya desa Wisata hal yang demikian yakni Desa Wisata Tinalah.

Berada di Desa Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, desa tamasya yang akrab dengan Sebutan Dewi (Desa Wisata) Tinalah ini menghasilkan keindahan alam yang ada di daerahnya sebagai andalan.

Berada di kawasan perbukitan Menoreh dengan aliran sungai Tinalah menghasilkan desa ini memiliki keindahan alam yang mempesona. Deretan bukit yang hijau, zona persawahan, dan aliran sungai berbatu berpadu menjadi bentang alam yang betul-betul memanjakan mata. Ada juga potensi tamasya alam berupa gua Sriti yang memiliki kedalaman sekitar 70 meter.

Diceritakan oleh Galuh Alif, selaku pelaku dan penggiat pariwisata Desa Wisata Tinalah, bahwa “Sebelumnya pada tahun 2011 yang lalu, di kawasan desa kami ini berkeinginan dibangun waduk, namun masyarakat keberatan. Jadi sesudah keberatan kami diterima, kami mencoba mengoptimalkan potensi yang ada di kawasan kami,” jelas Galuh Alif.

Desa tamasya ini betul-betul sesuai dikunjungi bagi mereka pecinta alam. Sejumlah fasilitas telah disediakan pengelola, mulai dari dua buah zona camping ground, dua buah pendopo, kamar mandi, permainan outbond, musala, sampai kemah. Lazimnya wisatawan yang datang ke Dewi Tinalah yakni rombongan baik mahasiswa, pelajar, ataupun rombongan instansi.

“Ada bermacam-macam aktivitas yang kami siapkan bagi para pengunjung, seperti susur sungai Tinalah, tracking bukit, outbond, dan beberapa aktivitas lainnya,” jelas Galuh Alif.

Bagi pengunjung yang berkeinginan belajar kesenian tradisional, umpamanya gamelan dan gejug lesung, pengelola juga bisa menyiapkannya.

Serunya Daerah Persembunyian Pangeran Diponegoro

Jika juga spesial yakni kawasan Dewi Tinalah dulunya pernah diciptakan tempat persembunyian Pangeran Diponegoro dan mengatur taktik perang.
Di bukit Talun Miri, yang ketika ini menjadi salah satu lokasi camping ground dulunya yakni tempat Pangeran Diponegoro berlatih berkuda.

“Bukti lain yang menjadi bukti bahwa Pangeran Diponegoro pernah lama tinggal di sini yakni eksistensi makan adik beliau yang bernama Pangeran Abu Bakar,” jelas Galuh Alif.

6 Desa Wisata Di Yogyakarta

Ketika Anda berlibur di Jogja akan mendapati beragam macam daerah wisata bertemakan kota ataupun desa. Berikut ini wisata desa dengan konsep desa wisata yang mempunyai pesona alam yang mengagumkan.

1. Desa Wisata Tinalah (Dewi Tinalah)

Desa Wisata Tinalah yakni pintu masuk wisata di Samigaluh, Kulon Progo. Desa Wisata Tinalah mengusung konsep alam dan kebiasaan. Pemandangan alam di desa ini seperti itu memikat. Anda dapat melihat deretan Pegunungan Menoreh dan melihat aliran Sungai Tinalah yang berkelok-liku dari Puncak Kleco dan Zona Goa Sriti.

Paket wisata di Desa Liburan Tinalah berupa aktivitas berinteraksi dengan alam sekitar dan masyarakat setempat. Anda dapat merasakan paket menarik yang disediakan di sini, seperti: Menginap di Joglo Wiguna dan Omahku, menginap bersama alam, menginap di rumah Joglo, out bound, camping, Tinalah Tubing, makrab, family dan community gathering, Tinalah Trekking, Susur Sungai Tinalah, Joglo Meeting Room, Live in, Kleco Top View.

2. Desa Liburan Nglinggo

Desa Liburan Nlinggo yakni desa wisata yang mengusung konsep perkebunan teh. Wisatawan dapat merasakan estetika sunrise dan sunset di perkebunan teh. Wisatawan yang berkunjung ke Nglinggo dapat belajar pertanian, peternakan kambing, dan seni seperti belajar berdansa lengger, jathilan, membuat topeng, hingga membatik dapat pelancong lakukan di sini.

Lokasi: Desa Liburan Nglinggo berlokasi di Kelurahan Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo. Desa wisata ini masih satu wilayah dengan objek wisata Puncak Suroloyo.

3. Desa Liburan Banjaroyo

Desa Liburan Banjaroya (Dewa Bara) yakni desa wisata di lereng perbukitan Menoreh. Wisatawan dapat merasakan aktivitas bersepeda keliling pedesaan menuju Embung Tonegoro, Tahan Ancol, makam Nyi Ageng Serang, trekking ke Menoreh, live-in di pedusunan, belajar seni kebiasaan, pertanian dan peternakan dan membuat makanan tradisional. Pada bulan tertentu di ketika musim duren, di desa ini diadakan Festival Durian, bertempat di Rest Durian Menoreh Kuning yakni duren ungguan desa ini. Lokasi: Jl. Sentolo Muntilan Km 26 Slanden, Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo.

4. Desa Liburan Banjarasri

Desa Liburan Banjarsari (Dewi Asri) perupakan desa wisata yang berada di wilayah pegunungan menoreh ujung barat. Wisatawan dapat bersahabat dengan Alam, belajar menjadi petani, bermain di desa, aneka permainan banyu, teknologi ideal guna, memancing, wisata sejarah. Kerajinan ATBM meruakan salah satu produk yang familiar dari desa ini.

5. Desa Liburan Jatimulyo

Desa Liburan Jatimulyo yakni wilayah alam dengan beteng alam karst Menoreh dengan tebing-tebing cantik di Gunung Kelir. Di desa ini terdapat potensi sosial kebiasaan yang masih kuat. Setiap bulan Sapar diadakan Merti Dusun Jatimulyo suatu upacara adat yang sarat dengan kearifan lokal. Potensi wisata yang di miliki antara lain Goa Kiskendo terdapat ajang camping ground/berkemah yang luas, dengan pemandangan cantik bukit pinus.

Wisatawan juga dapat melihat laut selatan dari atas Gunung Lanang yang berlokasi bersebelahan dengan goa ini. Disamping itu terdapat sebagian wisata air terjun yakni Grojogan Sewu, Kembang Soka, Kedhung Pedhut dan Taman Sungai Mudal. Desa Wisa Jatimulyo menyediakan paket Susur Goa, Sumitro cave tubing, paket jelajah alam (trekking, birdwatching, geotours), Paket Camping & Safari Malam, Paket Agrowisata salak.

6. Desa Liburan Sermo

Desa Liburan Sermo yakni desa wisata yang mempunyai waduk terbesar di Kulon Progo. Wisatawan dapat melaksanakan banyak aktivitas wisata seperti seperti berkeliling waduk dengan perahu, bersepeda di pedesaan, memancing, berkemah, tracking atau aktivitas outbound di sekitar Waduk Sermo, termasuk belanja produk lokal: krupuk ikan, gula kelapa dan gula semut. Wisatawan juga dapat merasakan wisata minat khusus dan wisata seni kebiasaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *